Tuesday, July 1

KADANG, Q SEBEL SAMA YANG NAMANYA SEKOLAH


Sebenernya sih bukan cuma kadang Q sebel sama yang namanya sekolah. Tapi udah terlalu sering Q sebel sama sekolah. Sampe-sampe Q nggak tau seberapa sebel sama yang satu ini. Mungkin rasa sebel yang nggak terlukiskan. Atau mungkin rasa sebel yang malah bikin kangen. Sampe sekarang Q nggak ngerti rasa sebelQ atas sekolah itu rasa sebel yang mana.

Sekolah...

Sebenernya sih simple aja yah. Cuma satu kata yang terdiri dari 3 suku kata, Se-ko-lah. But it has thousands meaning. Gimana nggak? Di sekolah, Q belajar. Di sekolah, Q bertemen. Di sekolah, Q ketawa. Di sekolah, Q nangis. Di sekolah, Q . . . . Too many words explain what I have done there.

Sekolah banyak manfaatnya, tapi banyak juga mudaratnya. Haghaghaghag, mudarat.... Yah, tapi kalo ngeliat yang namanya sekolah saat ini, bisa dibilang Q cukup prihatin. Why???

Soalnya sekarang tuh banyak pelajar yang nganggep sekolah cuma sebagai rutinitas, daily activity. Rutinitas yang kalo dikerjain dapet pahala, tapi kalo nggak dikerjain nggak dapet dosa (Haghaghag, kaya sunah ajjah...). But, that’s the truth.

Honestly, Q juga kadang sering gitu. Tapi balik lagi ke individunya. Sekarang Q sadar, sekolah bukan cuma daily activity yang sunah dikerjain. Q kasian juga ma umi ‘n abah yang udah capek-capek cari duit buat Q ‘n sisters biar kami bertiga bisa sekolah. Bahkan mungkin sampe utang segala... (Haghaghaghag, Hiperbola’e kumat ik...). Tapi, kadang Q malah nyia-nyiain waktu gitu aja di sekolah. Bolos pelajaran lah, ngremehin guru lah, or whatever yang udah Q lakuin. Q nggak pengen ngelakuin itu lagi. Karena Q pengen bikin ortu bangga ma Q.

Kadang kalo libur panjang, Q malah kangen berat sama sekolah. Q kangen sama keramaiannya, sama kantinnya, sama guru-gurunya, I miss every parts of my lovely school. Dan saat itu Q tau, kalo sebelQ sama yang namanya sekolah itu rasa sebel yang ngangenin.

Sekolah emang tempat dimana semuanya bisa terjadi. We feel happy, sad, love, angry, afraid, nervous, and other feels. Everything makes me awake that school has made me growth.

Sekarang Q udah tau rasa sebelQ yang mana terhadap sekolah. Tapi, ada satu rasa sebel yang kadang akhirnya ngebikin Q pengen berontak. Sometimes, school is suck, even fuck!

Ok. Q bukan mau sok suci taw apa disini. Tapi, kadang Q pikir ini ironis. Soalnya kebanyakan pelajar (include me) ke sekolah cuma buat nyari nilai aja. Sampe-sampe mereka nyontek, ngepek, mbesel. Itu karena apa, karena yang Qt cari tuh hanya angka, bukan pemahamannya.

Ini juga nggak terlepas dari guru sih sebenernya. Guru nuntut Qt buat dapet nilai bagus tanpa pernah peduli Qt paham taw nggak sama materi yang diajarkan guru itu. Akhirnya karena tuntutan itu, Qt ngelakuin hal-hal yang nggak baik kaya’ nyontek, dll.

Emang, Q sering dapet nilai jelek karena Q takut nyontek. But, I’m lovin’ it. Soalnya dari situ, Q bias ngukur seberapa panam Q sama materi yang udah diajarkan si guru selama ini. Dan terbukti, Q jarang paham sama materinya, lol.

Kaya’ pas semesteran kemarin, nilaiQ jeblok semua. But, I’m proud with my marks. I got it by myself. Kata temen-temen sih kalo Q lagi ngerjain soal tuh anteng banget. Ya abis, mau gimana lagi coba? Q nggak mau ambil resiko ketahuan nyontek. Soalnya kan gak enak juga kali ketahuan nyontek gitu… Jadi mallaaaaayy aja kalo harus celingukan kaya’ maling gitu buat dapetin jawaban.

Beside, kalo gilirannya Q mau nyontek eh malah temen-temennya yang lagi pada anteng. Tar giliran gak mood nyontek, temen-temen pada beraksi… Jah, nasib…

Kata Adam, kalo dia duduk di tempatQ waktu waktu semesteran kemarin, dia nggak bakalan remed. Katanya, dia mau mbesel… Jah, jangankan mbesel, nyontek aja Q gak jago. Gimana mbesel????!! Tapi, Adam adalah Adam dan Q adalah Q.

Tapi, untuk beberapa pengawas c Q brani nyontek. Kaya’ misalkan Pak Kustiyono, Pak Hadi, pokoknya guru yang nyante gitu Q brani nyontek. Tapi jangan harap pas yang jaga bu Edi yang mirip Artalita Suryani (haghaghag, mirip euy ma Artalita), bu Susi Similikiti, taw Pa Aung (Mr. Complete likes google) bisa nyontek. Hufh, serba salah jadi anak bego kaya’ Q.

Oia, back to the topic. Sering dapet nilai jelek nggak juga bikin Q sadar buat belajar lebih giat. Soalnya, apapun yang terjadi belaja nggak belajar Q tetep ja remed. Pa lagi buat beberapa mata pelajaran kaya’ Fisika, Kimia, Bhs. Jepang. Uwh! Uprut banget tu pelajaran. Belajar nggak belajar tetep ja remed. Jadi males deh akhirnya. Dah kepalang tanggung gurunya apal ma mukaQ karena bolak-balik ikud remed tapi gag tuntas-tuntas.

Honestly, Q najiz banget banget banget sama temen-temenQ yang bangganya setengah mati waktu dapet nilai bagus, tapi karena NYONTEK. Rasanya ironis. hatiQ sakit ngeliatnya. And of course, orang yang dapet nilai bagus dianggap pinter. But people don’t know they get their mark with what kinds of way. Orang Cuma ngerti, orang pinter itu orang yang nilainya bagus, kalo diukur pake angka pastinya. Dan guru juga berpikiran gitu. And, dalam situasi seperti itu Q berpikir mereka tuh picik.

Well, I know maybe sometime Q juga gitu. Orang tuaQ juga gitu. Tapi balik lagi. Sekarang Q ngasi penjelasan ke orang tua kalo Q dapet nilai jelek tuh lebih baik daripada dapet nilai bagus tapi nyonteknya Innalillahi. And ortu dah mulai ngertiin. Soalnya Q juga ngomong ke mereka, kalo Q adalah Q. Q gag sama ma temen-temenQ. Karena Q benci kalo ortu udah mulai ngebandingin Q sama si A, si B, si C, taw si Z. That’s suck!!!

And of course, namanya juga Velly, Q berontak ma ortu and ngomong ke mereka kalo Q nggak suka dibanding-bandingin.

That’s all now. Mungkin lain waktu Q bisa nulis another parts of Me. And last, A Velly Intewesting Blog.

1 comment: