Wednesday, December 31

REFLEKSI AKHIR TAHUN

Hanya tinggal menunggu jam saja Q kan berpisah dengan tahun yang menurutQ lebih berkesan dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2008 memberikan kesan tersendiri buatQ. Kesan dari semua peristiwa emosional yang sempat membenamkanQ ke sebuah dasar dimana Q tak sanggup lagi tuk menengadahkan kepala.

Tahun 2008 hampir berlalu dan kan tergantikan tahun yang baru. Tahun dimana Q ingin tak lagi mengulang sekian banyak kesalahanQ di tahun ini. Tahun baru dimana Q ingin menjadi pribadi baru yang sejuta kali lebih baik daripada diriQ yang hari ini.

Semua pengalaman yang terjadi telah menjadikanQ lebih kuat untuk berhadapan dengan hari esok. Pengalaman menjadikanQ lebih membuka pikiran akan beragam karakteristik manusia yang berbeda-beda di muka bumi ini. Walaupun pengalaman menjadikanQ membuka pikiran, namun dari situ pulalah Q mencoba untuk menutup diri dari segenap orang yang tak tahu apapun tentangQ. Pengalaman mengajariQ bahwa tak mudah menjalani hidup yang singkat ini.

Di tahun bermakna ini Q mendapatkan banyak hal dan kehilangan banyak hal pula tentunya. Di tahun ini Q mendapatkan beberapa musuh baru. But that's not big problem for me. Q sudah terlalu kebal untuk dibenci dan dimusuhi orang. Di tahun ini Q memperoleh seorang pacar. Di tahun ini Q mendapatkan ketenangan disisi keluargaQ. Karena keluarga adalah tempat dimana Q bisa memperoleh segalanya dan tahun ini Q mencoba lebih mendekatkan diri dengan mereka. Keluarga akan selalu ada bahkan di saat dimana kau tak lagi berharga, keluarga kan selalu menerimamu dengan tangan terbuka. Tahun ini Q mendapatkan sebuah nama baru pengganti masa lalu persahabatan, PePeRog!rLz.

Tahun ini dengan sukarela dan senang hati kehilangan seorang saudara cukup jauh yang bisa dibilang lupa daratan, tidak tahu cara berterima kasih, dan semi-clepto mungkin cukup tepat. Dengan ikhlas hati Q menghapusnya dari daftar saudara yang Q miliki. Kehilangan barang, cukup banyak diambil orang. Sempat pula kehilangan kepercayaan terhadap orang di sekelilingQ.

Semua yang terjadi adalah guru untukQ. Pengalaman mengajariQ bahwa Q bukanlah apa-apa. I'm nothing. Q bukan apa-apa tanpa orang-orang disekelilingQ. Semua yang terjadi tahun ini memberi warna untuk kenangan di tahun selanjutnya. Warna berbeda bagi hidupQ yang kan terus bisa menjadi cerita dan guru jika terus mengingatnya.

Refleksi tahun ini terhenti Rabu, 31 Desember 2008.

At Last I Say, A Velly Intewesting Blog and Happy New Year for All.

No comments:

Post a Comment