Tuesday, May 24

Thief

Gimana rasanya kalo ide yang udah kita godok mateng-mateng dicuri gitu aja sama orang yang bahkan nggak punya rasa malu buat ngungkapin ide itu di depan umum seakan dia dapetin ide itu murni dari otak dia?

Karena aku lagi marah, kalo orang tegal bilang itu marahnya udah segulu (gulu artinya leher). Segulu itu semacam idiom kali ya, buat ngungkapin kalo kita lagi marah banget yang banget banget. Dan rasa marah itu udah diujung leher, tinggal kita keluarin aja. Oke, abaikan. Cuma cross culture aja sih. Segulu itu kalo bahasa indonesia-nya mungkin mirip kayak kalo marah udah diubun-ubun deh.

Nah, menjelang debat yang di TVRI itu pasti dong dalam satu tim ada yang namanya ribut, konflik, dari yang kecil sampe yang besar, yang sepele sampe yang pake hati.
Nah, ternyata yang dirugikan oleh maling ide ini bukan Cuma aku, tapi masih ada jeje Yohana.

Yang pertama kita ngomong masalah kasusnya jeje sama orang yang satu ini. Jadi kemaren siang ada diskusi gitu tentang ide-ide sebelum dipresentasikan sama dosen pembimbing. Dan bla bla bla, jeje ada ide yang menyangkut worker dari something yang ntar bakal didebatkan. Eh ujug-ujug, pas dipresentasiin, maling ide itu nyerobot duluan, presentasi seakan itu punya dia. Dan tiba giliran jeje ngomong, dia melongo. Gondok banget dong! Aku juga jengkel sama orang itu. Kasian jeje, diam seribu bahasa dan akhirnya sibuk sama bebe-nya.

Dan kasusku itu bermula sejak minggu kemarin abis ada diskusi juga. Nha, karena jiwa debater gitu dari SMA, aku rajin nyari referensi dong, terus diprint. Kalo yang lain paling Cuma 8 lembar, aku bisa dua bendel yang isinya bisa 100 lembar. Dan aku udah baca hampir semuanya, kecuali yang bahasanya tingkat tinggi sekali aku nggak sanggup. Dan otomatis, sambil baca, aku kasih lah coretan pake stabilo.

Eh pas hari kemis, dia maksa banget pinjem referensiku. Akhirnya dengan berat hati aku pinjemin dong. Lha wong dia udah liat juga aku punya referensi banyak, masa iya nggak ta pinjemin. Mana minta pinjem dua-duanya. Eit eit, maruk bener ini orang! Ya ogahlah pinjemin dua-duanya! Entar saya yang nyari, situ tinggal nyuri. Minta digampar!

Dan sejak hari rebo itu dia udah ngejer-ngejer aku buat minta soft copy-nya. Okay, aku kasih flashdisk-ku, ta bela-belain ngampus. Sumpah, kayak orang dikejar-kejar utang! Bentar-bentar sms. Suruh nyamperin aku, eh mintanya disamperin! Situ tuannya!????? Eh, mau minjem tau diri dikit kenapa! Sumpah, aku ini nulis udah segulu!

Dan paginya dia minta aku bawa referensi yang udah diprint, katanya laptop dia error. Logikanya, kalo laptop situ error, pas aku ngasih print referensi itu flashdisk-ku dibalikin dong. Kayong maruk nemen loh, ora flashdisk ora kertase digawa kabeh! Ndarani enyong orang nduwe copiane maning ndean oh. Esih nduwe ndarani! Ader flashdisk-e nyong siji tok? Isin oh. Nang laptop ya ana. Dan sampe hari ini flashdisk-ku masih belum dikembaliin.

Kalau cara anda ingin tampil lebih adalah dengan mencuri ide dan menyusahkan orang yang sudah membantu anda, maap maap, anda salah sasaran. Kalo mau, ambil aja itu kertas sak flashdisk-flashdisk’e. Saya bakal nyari sumber lain yang lebih joss.
Eh iya, masa tadi pas diskusi gitu, *dia senior* aku minta kertasku.
V: “Mba, referensiku mana?”
Itu: “Ya ntar”
V: *Ya Allah, tinggal kasih napa?! Itu punya saya loh, inget, punya saya! Catet, PUNYA SAYA!* “Ada yang mau ta baca”
Itu: *Ngebuka tas, males* “Oh sorry, i don’t bring it”
V: *Kucing!!!* (Untuk menghindari ngomong kata-kata kotor, dalam kehidupan sehari-hari, aku lebih suka ngucapin ‘kucing’ kalo lagi marah)

Gila, ngomong ‘i don’t bring it’-nya nggak pake expresi nyesel apa gimana. Itu sih kayak emang sengaja nggak bawa aja. Sumpah, kalo kemarin aku nggak inget aku lagi puasa, pengen’e njiwit pipine sampeyan kuwe loh. Tak jiwit nganggo tang mbuapa.
Kok karepe ide semua orang dicutiki eben katon pinter dewek.

Bukan bermaksud naif ato innocent. Tapi sumpah demi apapun, aku nggak pernah ada niat buat nyolong ide siapapun dalam keadaan apapun hanya untuk terlihat pinter. Karena akan malu kalo akhirnya ketahuan siapa nyolong siapa. Dan namanya juga akan jelek dong, dicap jelek.

Moral teaching: Don’t steal others’ ideas. You’ll be a big zero when you don’t have any other idea to be stolen from others.

At last i say, A Velly Intewesting Blog.

No comments:

Post a Comment