Wednesday, November 14

Inovasi Untuk Indonesia Mandiri : Young and Success



Hey fellas! It's special blogpost for Mandiri Bank. I'm joining blog competition held by Mandiri Bank and the theme is about innovation for Indonesia. Well, let me continue this blogpost in Bahasa Indonesia.

Ngomong-ngomong tentang inovasi, saya belajar tentang hal ini di Sociolinguistics class senin lalu. Jadi, bahasan kelas Sociolinguistics Senin lalu itu tentang Whorfian Hypotesis yag mengkaji tentang tata bahasa yang dimiliki suatu negara sama pola kehidupan masyarakatnya. Dengan kata lain, kelas kemarin itu membandingkan kehidupan negara-negara maju disana (Europe, US) sama Indonesia dari berbagai sudut pandang yang nggak biasa.

Contohnya nih ya, di Bahasa Inggris kan ada Future Tense. Nah, disitu letak hebatnya mereka. Tata bahasa itu bikin mereka terpacu buat berandai-andai dan mewujudkannya, someday someway. Sedangkan tata bahasa kita itu ya lempeng-lempeng aja, tanpa ada keterangan waktu yang akhirnya bikin kita berleha-leha menikmati hidup. Right right?

Sejauh ini, siapa yang lebih maju dan siapa yang lebih suka berinovasi? Ya, mereka.
Dari yang muda sampe yang berumur, mereka semua masih suka melakukan perubahan sama hal-hal yang udah ada. Mereka nggak muluk-muluk pengen ngerubah negara. Mereka cuma melakukan sedikit perubahan sama diri sendiri, sama hidup mereka, sama orang di sekitarnya aja, dan di bidang yang mereka benar-benar kuasai. Tapi itu letak 'sesuatu'-nya.

Yang nempel di otak saya kalo denger kata inovasi itu:
- Muda
- Nggak biasa
- Keren
- Bermanfaat

Jadi, yang masih muda-muda, harap berinovasi sebisa kalian, kasih kontribusi positif buat orang-orang di sekitar kalian, yang menguntungkan diri sendiri sama orang lain. Jangan cepet-cepet membatasi kehidupan kalian dengan punya cita-cita jadi Pegawai Negeri. Sumpah, seumur hidup saya, saya nggak pernah pengen jadi pegawai negeri. Saya pengen jadi wiraswasta di usia muda. Young and success. Sapa juga yang nggak mau???? Hahaha Tuzki Bunny Emoticon

Untuk berinovasi nggak gampang. Saya sendiri lebih suka berinovasi di industri kreatif, misalnya saya waktu itu otodidak belajar njahit terus bikin tempat pensil yang pake nama. Dan tempat pensil itu sukses bikin murid-murid les saya ngiri dan bertanya-tanya.



Kalo yang sekarang lagi saya telatenin itu dunia Nail Art. Pada dasarnya saya suka kutek-kutekan dari saya SMP, tapi baru nemu jati diri dan peluang sekarang-sekarang aja. Saya udah 2 bulan loh jadi nailist. Ah, jadi curhat.

Intinya adalah selagi masih muda, masih ada peluang untuk menggali potensi diri. Saya tau betul apa passion saya. Untuk itu saya memperjuangkan apa yang saya mau, walaupun salah satu halangannya adalah orang tua. Kan, curhat lagi! Tuzki Bunny Emoticon

Serius deh. Oh ya, setelah saya tau apa passion saya, saya ngikutin deh tuh yang dibilangin sama Om Deddy Corbuzier waktu saya nonton Hitam putih.

  • passion
  • love
  • work
  • persist
  • ideas

Buat saya, modal bukan masalah utama dalam melakukan inovasi. Selagi ada lima hal itu, saya rasa siapapun bisa bertahan pada apa yang diyakini. Tapi tetep ya kerja juga buat ngumpulin modal. Modal itu nggak harus uang dalam jumlah besar kok. Saya sih nyicil beli alat-alat dari kerjaan yang lain. Saya kerja ya buat ngumpulin uang buat modal, dan nyambi usaha saya jalan, saya tetep kerjain passion saya yang lain yaitu ngajar.

Sukses itu bukan cuma untuk mereka yang udah makan asam garam kehidupan kok berton-ton kok. Tunjukin sama mereka kalo Young and Success bukan cuma imajinasi anak-anak muda sekarang. Udah bukan jamannya lagi baru sukses di usia tua. Start earlier and success earlier.

"The secret to a rich life is to have more beginnings than endings"
Agree???

Itu yang terlintas di otak saya kali ini. Saya sih pengennya nulis lebih banyak. Misalkan maksimal tulisan itu 10, ya nanti saya nulis 10 blogposts. Tapi ini maksimal 3, jadi Insya Allah saya nulis 3 blogposts. I have done this one, so 2 more to go!


Now Playing: Carly Rae Jepsen - Call Me Maybe
Current Mood: Hungry Tuzki Bunny Emoticon  

At last I say, A Velly Intewesting Blog.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.bankmandiri.co.id dalam rangka memperingati HUT Bank Mandiri ke-14. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.

No comments:

Post a Comment